Blog Untuk IPOMS

IPOMS sebagai organisasi terus berkembang. Dibentuk sejak tahun 2003, dimulai dari diskusi di mailing list apics-id@yahoogroups.com, kini anggota mailing list telah berjumlah lebih dari 15 ribu anggota. Mailing list yang dulu digunakan sebagai sarana diskusi dirasakan kurang memadai, dan dibentuklah mailing list untuk setiap kota dan kegiatan. Komunikasi di dalam mailing list pun masih dirasakan kurang dalam hal ‘coverage’ dan ‘format’nya.

Website IPOMS pun kemudian dibuat. Sejak pertama kali dikembangkan, website IPOMS selalu menggunakan web CMS (Content Management System) yang bersifat open source. CMS pertama yang digunakan yaitu Mambo dan kemudian digantikan oleh Joomla. CMS sekelas Joomla ternyata menjadi kesulitan tersendiri dalam hal maintenance dan update content bagi para kontributor IPOMS. DIperlukan sarana yang lebih mudah dan praktis agar website IPOMS menjadi lebih hidup dengan konten-konten yang lebih baik dari para kontributornya.

Perkembangan teknologi IT telah membuka trend-trend baru. Social network seperti friendster, facebook, myspace, merajalela. Blogging menggunakan WordPress dan micro blogging menggunakan Twitter ‘berkicau’ di sana-sini. IPOMS pun mengadopsi sebagian trend yang ada, dengan dibuat nya group facebook di : http://www.facebook.com/group.php?gid=34994473375. Melihat berkembangnya kebutuhan akhirnya diputuskan bahwa website IPOMS akan dikembangkan juga ke arah blog, menggunakan WordPress.

Blog ini seperti organisasi IPOMS, memerlukan kontribusi dari kita semua. Saya mengundang Anda, para profesional yang selama ini telah berkecimpung di dunia nya, para akademisi yang memiliki pengetahuan akademis yang mumpuni, untuk berkontribusi di blog IPOMS. Silahkan daftarkan diri Anda, dan mulailah menulis BLOG dengan topik utama Manajemen Operasi. Tulisan bisa sangat spesifik di bidang-bidang tertentu seperti manajemen produksi, inventori, penjadwalan. Bisa juga tulisan mengenai konsep seperti Total Productive Maintenance, Jargon, dan lain sebagainya.

Selamat menulis! Kami tunggu kontribusi Anda di blog IPOMS dan dunia Manajemen Operasi Indonesia.

Salam hangat penuh semangat dan harapan,
Hariyanto Salim.

Tinggalkan Balasan